Keindahan Pulau Nias ayo kita kunjungi

Pulau Nias, adalah sebuah pulau yang terletak disamping luar pulau Sumatera, tepatnya di Sumatera Utara.
Pulau Nias memiliki banyak keanekaragaman, dari perbedaan Agama, suku (Nias, Padang, Melayu, Batak, China dan India), khas, bahasa, dan laia-laian.
Dalam bahasa Nias, pulau Nias disebut Tano Niha (Tanah Orang), sedangkan sebutan untuk Orang Nias dalam bahasa Nias adalah Ono Niha (Anak Orang).
Pulau Nias juga memiliki Memiliki pulau-pulau kecil, contohnya : Pulau Tello, Pulau HinakoPulau Asu dan Masih banyak lagi.
DiNias juga memiliki perbedaan Agama, dimana Mayoritasnya dalah Agama Kristen, Lalu di susul Agama Islam, dan lai-lain. Namun, bila kita berkunjung di Kota Gunungsitoli yaitu Ibu Kota Pulau Nias di sana mayoritas Agamanya Agama Islam.
Yang Unik meski berada dalam 1 Pulau, namun bahasa yang digunakan masyaraktnya berbeda-beda. Di Kota Gunungsitoli bahasa yang di Gunakan Bahasa Indonesia dan juga bahasa Daerah namun bahasa daerahnya tidak lagi asli karena sudah ada perubahan, di Nias Selatan (contohnya : Teluk Dalam, Gomo dan Lain-lain) bahasa yang digunakan bahasa Daerah yang beraksenkan Keras dan mempunyai kosa kata kata yang terendiri, sedangkan di Nias Utara (contohnya : Lahewa, Sifahandro dan Afulu) bahasa yang digunakan bahasa Daerah yang cenderung halus dan lemah lembut dan lain-lain.

Pulau Nias juga mempunyai keindahan Alam dan Tradisi yang sangat mengagumkan, seperti :
1. Pantai Sorake yang terkenal dengan Ombaknya yang Ganas, yang banyak mengundang Wisatawan dari Lokal maupun Mancan Negara untuk menaklukkan Ombaknya, Gelombang ombak di Pantai Sorake menjadi Ombak terganas nomor 2 di Dunia setelah Hawai. dan keindahan pantainya juga tak kalah dengan Pulau Bali namun saja di Pantai Sorake tidak memilki Fasilitas ataupun Hiburan seperti di Bali seperti Banana Boat, Club ataupun sejenisnya.

 . 


2.Hombo Batu (Lompat Batu)
Hombo Batu atau Lompat Batu adalah dulunya sebagai tradisi bagi Masyarakat untuk menunjukkan bahwa setiap Pria atau anak Laki-laki yang bisa melompati batu yang tingginya sekitar 2 Meter telang Dewsa, sehingga Anak Laki-laki tersebut boleh Ikut berperang dan boleh pergis Merantau.
Lompat Batu cuma ada di Nias Selatan, sekarang Lompat batu menjadi Maghnet bagi para Wisatawan untuk berkunjung di di Teluk Dalam khususnya di Bawamataluo, karena disanalah Tradisi ini masih sangat terjaga.


Masih banyak lagi keindahan di Pulau Nias yang akan kita temui, bila kita langsung mengunjungi Pulau Nias. Seperti Tarian Tradisionalnya, keindahan Pantai Ture Loto di Lahewa Nias Baratdan pantai - pantai lainnya yang tak kalah Indah , misteri Lowo Maru dan lain-lain.



Ngapain kita banyak - banyak ngehabisin Duit keluar Negeri buat Liburan, kalau memang di Dalam Negeri kita sendiri banyak tempat yang mengagumkan dan Indah yang belum kita Kunjungi, salah satunya yah Nias.
Teman - teman, aku tunggu kalian di Nias Ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar